Meski awalnya dicemooh banyak orang, TikTok kini menjelma menjadi salah satu platform media sosial dengan banyak penggemar di Indonesia. Jumlah pengguna TikTok bahkan meningkat cukup pesat dan menjadikannya penantang serius bagi media sosial lain seperti Facebook atau Instagram yang lebih dulu populer.

Aplikasi ini dibuat oleh Byances. Tak hanya sebagai hiburan, berbagai cara mendapatkan uang dari TikTok juga membuat aplikasi asal China ini patut dicoba.

Buat kamu yang ingin sukses dan, untuk dapatkan uang dari TikTok, simak dulu yuk tips mendapatkan followers TikTok banyak di bawah ini.

1. Buat Profil yang Menarik

Halaman profil mungkin menjadi tempat pertama yang dilihat oleh orang lain yang tertarik dengan video yang kami posting di TikTok. Jadi, langkah pertama yang harus dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengikut TikTok adalah dengan membuat halaman profil pengguna.

Untuk membuat halaman profil pengguna, kita bisa mulai dengan memilih nama pengguna yang singkat atau mudah diingat. Jika kita ingin menggunakan TikTok di niche tertentu, kita bisa menambahkan kata kunci pada username tersebut.

Jika sudah, lengkapi halaman profil dengan foto dan data lain yang bisa Anda isi.

2. Pasang Tautan TikTok di Media Sosial Lain

Jika Anda memiliki akun media sosial. Lain yang sudah memiliki banyak pengikut, cara terbaik untuk mendapatkan banyak pengikut TikTok adalah dengan menautkan tautan TikTok ke akun media sosial.
Cara ini akan lebih efektif daripada menarik pengikut baru karena Anda sudah memiliki basis penggemar yang siap mengikuti Anda di mana saja.

3. Gunakan Metode Ikuti & Berhenti Ikuti

Hingga saat ini cara tersebut cukup berpengaruh dalam menambah jumlah follower di media sosial menjadi follow-unfollow. Dengan cara ini, kita hanya perlu mengikuti akun orang lain. Jika dia tidak mem-followback, kami unfollow akun tersebut.

Dengan mengikuti orang lain, secara tidak langsung kita juga mempromosikan akun TikTok kita. Jadi jika pada akhirnya mereka tidak mem-follow akun kita, setidaknya kita sudah memberi tahu orang lain tentang akun yang kita miliki.

Meski begitu, hindari tindakan tidak terhormat seperti berhenti mengikuti akun lain setelah mereka mengikuti kita. Jangan lupa juga berinteraksi dengan Tiktokers lainnya agar hubungan kalian tidak sebatas follow-unfollow.

4. Ikuti Tantangan yang Viral

Di TikTok, seringkali ada banyak tantangan tren yang bisa Anda ikuti. Cara ini memang tidak langsung menambah jumlah followers, tapi setidaknya video kamu bisa muncul jika orang lain mencari tantangan trend yang sama. Jika konten Anda ternyata menarik bagi orang lain, Anda mungkin mendapatkan pengikut baru.

5. Buat Konten Menarik dan Asli

Dengan semakin banyaknya pengguna TikTok, rasanya akan sulit bagi pengguna baru untuk bersaing memperebutkan tampilan dengan konten yang sama dengan TikToker lainnya. Tak jarang, tidak jarang kita melihat konten yang sama meski dilakukan oleh orang yang berbeda.

Sekarang, akun Anda menonjol sehingga Anda bisa tampil beda dengan menampilkan konten yang kreatif dan orisinal. Jika Anda memiliki keterampilan khusus, maka Anda dapat membuat konten tentang keterampilan yang Anda miliki. Tetapi jika Anda tidak bisa melakukannya, temukan dan gunakan gaya Anda jika Anda ingin membuat materi yang sama dengan konten lainnya.

6. Bagikan Konten di Media Sosial Lainnya

Jika Anda menggunakan banyak platform media sosial, mengapa tidak menggunakan video TikTok Anda sebagai salah satu kontennya? Dengan mempromosikan konten TikTok Anda di media sosial, Anda meningkatkan peluang konten tersebut untuk dilihat oleh lebih banyak orang. Jika ada peminat lain, bukan tidak mungkin, mereka akan menjadi pengikut baru Anda.

7. Ciptakan Kolaborasi

Cara efektif lain untuk meningkatkan jumlah pengikut TikTok adalah dengan berkolaborasi dengan Tiktoker lain. Sementara beberapa menawarkan layanan untuk hal semacam ini. Beberapa Tiktoker rela bekerja sama secara gratis jika jumlah pengikutnya sama.

Dengan berkolaborasi dalam konten, kedua belah pihak dapat menjangkau khalayak yang lebih luas. Hal ini tentunya berpotensi besar untuk menambah jumlah followers kedua belah pihak.

Hal baiknya adalah kolaborasi konten tidak perlu tatap muka. Anda dapat merekamnya langsung dari setiap tempat atau menggabungkannya dengan aplikasi pengeditan video seluler.

8. Unggah Setiap Hari

Mengupload konten setiap hari tidak selalu menjamin penambahan followers yang masif. Namun dengan unggahan setiap hari, konten Tiktok Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk dilihat oleh orang lain. Tidak mungkin di antara banyak orang yang melihat video Anda. Beberapa orang akan menjadi salah satu pengikut baru Anda.

9. Unggah Video di Waktu yang Tepat

Selain rutin mengunggah video baru, mengunggahnya di waktu yang tepat juga bisa menjadi salah satu kunci sukses menjaring followers baru. Apalagi tidak mungkin video yang Anda posting di tengah malam lebih banyak dilihat daripada video yang Anda posting di siang hari.

Harap kenali jam menonton pemirsa Anda dan posting di waktu yang tepat agar pengikut dan calon pengikut Anda dapat melihat video Anda.

10. Sertakan Hashtag yang Sesuai

Sama seperti kebanyakan media sosial, kita bisa menggunakan #hashtag untuk menandai konten yang kita buat. Dengan menggunakan hashtag, video kita dapat lebih mudah ditemukan oleh orang lain yang ingin mencari konten serupa.

Jadi bukan hanya followers Anda yang bisa melihat video terbaru Anda, orang yang mencari video dengan hashtag tertentu juga bisa menemukannya. Dan jika mereka tertarik dengan konten yang Anda buat, bisa jadi salah satunya akan menjadi pengikut baru Anda.

Meski begitu, jangan gunakan hashtag yang salah. Gunakan dengan tepat dan pasti mengikuti konten yang Anda posting.

11. Belajar dari TikToker sukses lainnya

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan followers TikTok adalah belajar dari orang lain. Memiliki mentor mungkin lebih menyenangkan, namun belajar dari akun TikTok lain yang lebih dulu sukses juga bisa menjadi salah satu solusinya.

Sebagai langkah awal, Anda dapat melihat akun lain di niche Anda yang memiliki banyak pengikut. Lihat konten apa yang mereka posting dan pelajari bagaimana mereka membuatnya. Gunakan konten mereka sebagai inspirasi Anda.

Setelah itu, Anda juga dapat berinteraksi dengan pemilik akun atau bahkan mengunjungi profil pengikut akun superstar. Dengan sasaran yang relatif sama, peluang mendapatkan followers lebih besar asalkan bisa membuat konten menarik yang sama.

Ada banyak cara mendapatkan followers TikTok tanpa aplikasi. Dengan semua cara di atas, Anda tidak perlu bermodal tampilan atau menjadi yang pertama menambah followers TikTok hingga jutaan.

Meski begitu, Anda juga harus ingat bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dalam waktu singkat. Jadi, selain mencoba semua cara di atas. Anda juga harus konsisten agar akun TikTok Anda semakin banyak dilirik orang lain.