Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Menentukan Niche Blog yang Tepat Untuk Blogger

Daftar Isi [Tampil]
Tips to Determine the Right Blog Niche for Blogger 3 Tips to Determine the Right Blog Niche for Blogger


Mengapa Penting Memilih Niche Blog yang Tepat

Blog sebagai media online kini menjadi hal yang patut diperhitungkan. Beberapa blogger (pemilik dan pengelola blog) sendiri sudah tidak ragu lagi dengan kegiatan yang mereka lakukan. 

Hal ini dikarenakan aktivitas blogging kini telah menjadi sebuah profesi yang menghasilkan pendapatan dengan melakukan monetisasi. Maka tak ayal banyak orang yang mencoba peruntungan di dunia blogging.

Salah satu jenis blog yang sering dijadikan andalan para blogger untuk mendapatkan penghasilan adalah niche blog. Niche blog (blog yang membahas tema tertentu) memang merupakan blog yang memiliki peluang bagus untuk menyukseskan monetisasi blog.

Dengan niche blog yang bagus, seseorang dapat menarik banyak pengiklan untuk datang sehingga pendapatan juga bisa semakin signifikan. Walaupun sudah mengetahui bahwa niche blog memiliki banyak kelebihan dari blog pribadi, namun masih banyak blogger yang kebingungan saat menentukan tema yang akan dijadikan niche blog mereka.

Tak ayal jika kemudian, tak sedikit para blogger yang juga pernah gagal dalam membangun niche blog. Hal ini dikarenakan, pada saat pemilihan tema yang unik, para blogger tersebut tidak melakukan eksplorasi diri yang parah dan mendalam. 

Niche blog memang butuh eksplorasi diri yang hebat, tanpanya kita bisa yakin niche blog akan berjalan dalam suatu masa. Lalu apa saja cara atau tips untuk mengeksplorasi diri agar dapat menentukan niche tema blog yang tepat dan mampu membawa kesuksesan tersebut? Mengikuti ulasan.

1. Pilih Topik yang Anda Suka

Kiat pertama untuk mengeksplorasi diri untuk menentukan niche blog yang tepat adalah memilih tema yang paling disukai. Kalimat ini mungkin masih membingungkan, karena banyak orang yang likenya banyak.

Jadi preferensi seperti apa yang dimaksud? Untuk menentukan ini, Anda harus terus-menerus bertanya pada diri sendiri tentang hobi, kegemaran, dan aktivitas apa yang sering dilakukan dengan sangat nyaman. Ketiga elemen ini harus mendapatkan jawaban yang sama, karena niche blog hanya membutuhkan satu tema.

Jika Anda masih merasa tidak yakin dengan jawaban yang Anda dapatkan, Anda bisa bertanya kepada orang lain, terutama orang-orang terdekat Anda. Tanyakan apa pendapat mereka tentang Anda, apa yang biasanya mereka lihat tentang kegiatan yang Anda sukai. Jawaban dari orang-orang terdekat ini akan membantu menentukan passion atau kesukaan Anda.

2 . Pilih Topik yang Dikuasai

Langkah selanjutnya dalam eksplorasi diri untuk menentukan niche blog adalah memilih topik yang overpowered. Ingat, jangan hanya memikirkan tema yang Anda sukai, tetapi lebih dari itu, Anda juga harus memikirkan topik atau mata pelajaran yang Anda kuasai.

Hal ini penting karena dengan menguasai tema, Anda tidak akan mengalami kesulitan dan kesulitan dalam mengupdate konten tulisan di blog. Namun sebaliknya, jika Anda tidak terbiasa dengan topik atau tema tersebut, maka Anda akan kesulitan untuk membuat konten dan menyajikan beberapa komentar dan pertanyaan yang muncul dari pengunjung Anda.

Karena itu coba pikirkan hal-hal tentang keahlian dan penguasaan Anda? Untuk mencari ilmu dan ilmu, jangan selalu mengandalkan jurusan pendidikan yang telah ditempuh. Ada banyak orang di luar sana. Yang telah menemukan bakat dan keahlian sejati dari kesukaan dan kecintaan mereka di suatu bidang.

3. Tentukan Niche Blog Berdasarkan Hot Topic

Terakhir, untuk menentukan niche blog yang tepat adalah menyesuaikan dengan pangsa pasar yang dikunjungi netizen. Ini adalah komponen penting jika Anda ingin mendapatkan hasil dari upaya monetisasi blog Anda dengan cepat.

Pilih topik yang biasanya dicari banyak orang di #internet seperti bisnis, kesehatan, berita selebriti, dan lainnya. Temukan pangsa pasar yang menjual. Akan sangat membantu bagi Anda untuk melakukan penelitian skala kecil di internet. Tidak ada topik yang tidak biasa dalam bagaimana kami menemukan pangsa pasar dan teknik promosi yang tepat.

Itu topik, itu hobi baru dan biasanya tidak akan mendapat kunjungan dari netizen. Tentu saja, jika Anda memutuskan untuk memilih item yang berbeda dari pangsa pasar, Anda harus sedikit lebih sabar untuk menghasilkan pendapatan yang Anda inginkan dari blog Anda.