Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat File Zip Di Linux Melalui Terminal

Daftar Isi [Tampil]
How to Make ZIP Files on Linux Through a Terminal How to Make ZIP Files on Linux Through a Terminal


Format ZIP dalam file dikenal sebagai file arsip. Tujuannya adalah untuk menyimpan berbagai file bersama-sama. Selain ZIP, ada juga RAR, TAR, GZ, dan masih banyak lagi. Hanya saja kebanyakan orang lebih familiar dengan format ZIP ini.

Membuat file ZIP di Linux dapat dilakukan dengan cepat melalui terminal. Tidak hanya membuatnya tetapi mengekstraknya juga bisa cepat dengan mengetikkan perintah. Dan artikel ini akan menampilkan panduannya.

Instal ZIP dan UNZIP di Linux

Proses instalasi sangat mudah dan dapat dilakukan melalui Terminal. Silakan gunakan perintah berikut sesuai denganOSyang digunakan sekarang.

Ubuntu dan Debian

sudo apt-get install zip unzip -y

CentOS, Fedora dan Redhat

sudo yum install unzip zip -y

SUSE

zypper instal zip unzip -y

Hanya membutuhkan beberapa detik, paketZIP dan UNZIP memilikitelah berhasil diinstal dan siap digunakan. Sekarang Anda dapat mulai mencoba mengarsipkan beberapa file atau folder menjadi satu.

Membuat File ZIP di Linux

Misalnya, di sini saya ingin mengompres dua file bernamacontoh1.txtdancontoh2.txt. Berikut adalah petunjuknya:

zip result.zip contoh1.txt contoh2.txt

Jadi nanti file bernamadiproduksi. Zipyang merupakan contoh kedua dari nama file di atas.

Mengarsipkan Semua File dalam Satu Folder

Jika contoh di atas hanya untuk pengarsipan file, ada sedikit ekstra jika ingin mengarsipkan folder dan data di dalamnya. Yaitu, hanya perlu menambahkan perintah atau atribut- R.

Misalnya, di sini, saya ingin mengarsipkan folder bernamahtdocsdan semua isi di dalamnya. Berikut adalah petunjuknya:

zip -r result.zip HTDOCS

Membuat File ZIP dengan Kata Sandi

Hanya diperlukan beberapa atribut lagi untuk dapat menambahkan password pada file ZIP yang akan dibuat, berikut adalah contoh perintahnya.

zip -p Hasil kata sandi.zip contoh.txt

TeksKata sandidiatas hanya sebagai contoh, silahkan ubah sesuai dengan password yang ingin anda gunakan.

Baca juga: Cara Membuat File TAR.GZ di Windows

Ekstrak File ZIP di Linux

Sebenarnya ini semudah membuatnya. Untuk mengekstrak atau mengekstrak file ZIP, Anda dapat menggunakan perintah UNZIP seperti di bawah ini:

unzip file .zip

Untuk contoh di atas, Anda akan mengekstrak file bernamafile.zip. Dan semua data di dalamnya akan dihapus di direktori yang Anda gunakan saat ini.

Ekstrak Di Direktori Tertentu

Tambahkan atribut- Dke perintah untuk memulai pengaturan direktori di mana hasilnya akan diekstraksi dari file ZIP. Misalnya, di sini saya ingin melepaskannya ke direktori / rumah / pengguna /.

unzip file.zip -d / home / user /

Menggunakan UNZIP dengan Kata Sandi

Terkadang file privasi harus menulis kata sandi untuk diekstraksi. Dan prosedurnya sama dengan proses pembuatannya, dimana kamu hanya perlu menambahkan atribut- Puntuk menulis kata sandi

unzip -p Kata sandi.zip file

Kesimpulan

Sampai disini tentunya anda sudah mengetahui tentang membuat file ZIP dan juga ekstraknya. Perintahnya mudah. Bahkan melakukannya dari Terminal tidak kalah cepat dariGUI.

Proses untuk membuat atau mengekstrak file ZIP akan ditampilkan di layar. Pastikan Anda menunggu hingga proses berhenti/selesai agar arsip tidak rusak. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang panduan di atas, Anda dipersilakan untuk berkomentar di bawah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.