Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menginstal Dan Menggunakan Tmux Di Ubuntu Dan Linux Mint

Daftar Isi [Tampil]

Definisi Tmux (Terminal Multiplexer)

Tmux (Terminal Multiplexer) adalah acara yang dapat kita gunakan untuk membagi atau membagi terminal menjadi beberapa bagian dalam satu jendela, biasanya ketika kita melakukan suatu pekerjaan menggunakan terminal. Kemudian kita akan membuka dua atau lebih jendela terminal sejajar dan dipindahkan dari satu terminal ke terminal lainnya.

Bagi Anda yang berprofesi sebagai SysAdmin, Programmer atau Administrator Jaringan pasti akan merepotkan saat bekerja menggunakan jendela terminal dan harus berpindah antar jendela terminal baik untuk remote server, sistem monitoring atau perangkat jaringan, atau kebutuhan coding.

Manfaat Menggunakan Tmux (Terminal Multiplexer)

Dengan adanya tmux memungkinkan kita untuk bekerja menggunakan beberapa terminal hanya dalam satu jendela, sehingga pekerjaan kita akan lebih efisien karena tidak perlu berpindah dari satu jendela terminal ke jendela terminal yang lain.
Sebagai ilustrasi seperti apa tmux, Anda bisa melihat contoh screenshot tmux yang saya jalankan di jendela terminal di laptop saya.


Pada gambar di atas terlihat di panel kiri bawah saya menjalankanhtop, sedangkan di panel kanan saya menjalankan wavemon (untuk memantau kekuatan sinyal wifi) dan juga aplikasi MTR untuk memantau kualitas koneksi internet di jaringan.

Cara Menginstal Tmux di Ubuntu dan Linux Mint

Jika Anda tertarik untuk menginstal tmux di Linux Anda, silakan ikuti panduan di bawah ini. Instalnya cukup mudah, buka terminal, lalu update repository terlebih dahulu dengan mengetikkan perintah berikut.

$ sudo apt-get update

Kemudian instal aplikasi tmux dengan perintah berikut.

$ sudo apt-get install tmux

Jika sudah terinstal, Anda dapat menjalankannya dengan mengetikkan perintahtmuxdi terminal.

Perintah Dasar dan Cara Menggunakan Tmux

Berikutnyatutorial cara menggunakan Tmux (terminal multiplexer)di terminal linux, pertama buka konsol terminal dan jalankan tmux dengan mengetikkan perintah di bawah ini.

$tmux

Sebaiknya maksimalkan terminal linux anda agar bebas saat membagi terminal linux menjadi beberapa bagian. Untuk membagi terminal menjadi 2 bagian secara vertikal Anda dapat dengan menekan tombol kombinasi:

Ctrl-B +%(tekanCtrldenganBlalu tekan tombolMenggeserdengan5).

Bagilah 2 terminal secara horizontal dengan menekan tombol kombinasi:

Ctrl-B + ”(tekanCtrldenganBlalu tekan tombolMenggeserdengan).

Jika Bagaimana Anda ingin beralih antar panel? Navigasi yang dapat digunakan untuk berpindah antar panel dalam satu jendela tmux, yaitu:

Ctrl-B +Panah-atas, Panah-bawah, Panah kiri dan Tombol-panah -kanan.

Berikut adalah beberapa tombol kombinasi umum lainnya yang dapat digunakan untuk mengoperasikan tmux:

Ctrl-b +% – membuat panel horizontal

Ctrl-b + “- buat panel vertikal

Ctrl-b + x – tutup panel

Ctrl-b + q – menampilkan nomor panel

Ctrl-b + o – pindah ke panel berikutnya

Ctrl-b + - tukar panel dengan panel sebelumnya

Ctrl-b + – beralih panel dengan panel berikutnya

Ctrl-b + atas – pindah ke panel atas

Ctrl-b + bawah – pindah ke panel bawah

Ctrl-b + kanan – pindah ke panel kanan

Ctrl-b + kiri – pindah ke panel kiri

Ctrl-b + t – menampilkan waktu di panel aktif

Juga di sini, Anda sudah dapat menggunakan tmux untuk membagi beberapa terminal dalam satu jendela, dengan cara ini. Anda tidak perlu lagi berpindah antar jendela terminal, yang cukup merepotkan. Menarik bukan?
Tulisan ini hanya sebagai pengantar saja; untuk penggunaan lebih lanjut, Anda dapat menjelajahi diri sendiri sesuai kebutuhan.

Demikian tutorial ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.