Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Untuk Membeli Kabel Data Berkualitas Dan Tahan Lama

Daftar Isi [Tampil]


Meski proses charging di smartphone kini bisa dilakukan denganTeknologi wireless, masih banyak orang yang menggunakan kabel karena charging lebih cepat. Sebagian besar ponsel Android kini sudah memiliki fitur fast charging, sehingga tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk melakukan charging.

Fitur pengisian cepat pada sebagian besar ponsel terbatas pada 3.0A hingga 5.0A. Tidak semua jenis kabel data mendukung hal tersebut, dan jika menggunakan kabel yang tidak membantu tentunya power Ampere yang didapat tidak optimal,dan fitur fast charging tidak berfungsi.

Membahas kabel, di sini akan dibagikantips membeli kabel data yang berkualitasuntuk ponsel. Baik itu digunakan untuk mengisi daya atau mentransfer data, silakan lihat, mulai dari yang pertama.

1. Ponsel Kabel Asli dan Merek Kompatibel

Masih bagus pakai versi original sesuai merk hp sebagus kabel data lainnya. Kabel data asli memang lebih awet, dan tentunya tidak perlu dipikirkan cocok atau tidak. Misalnya fitur fast charging akan berfungsi atau tidak karena mau tidak mau akan berfungsi.

Anda dapat membeli kabel asli melalui pusat layanan ponsel. Namun jika ponsel cukup populer seperti Samsung, Xiaomi, Lenovo, dll, mungkin akan mudah ditemukan di counter-counter besar yang menyediakan aksesoris ponsel.

2. Periksa Spesifikasi Kabel

Spesifikasi kabel data biasanya tertera pada kardus. Perhatikan dulu beberapa hal, seperti ampere maksimum yang didukung, fitur (sejenis auto disconnect), dan material kabel. Dan juga pilih yang sesuai dengan kemampuan kepala pengisi daya.

Misalnya, jika kepala pengisi daya hanya mendukung maksimum 2.0A, lebih baik membeli kabel yang mendukung hingga 2.0A, daripada membeli mahal 5.0A tetapi daya tidak digunakan sepenuhnya.

3. Panjang Kabel

Sebagai saran terbaik, pilih kabel dengan panjang yang setara dengan 1 meter. Lebih dari itu juga bukan dilema karena nanti bisa berguling. Jangan memilih terlalu pendek, kecuali jika digunakan khusus untuk power bank.

Namun, lebih baik memilih kabel data yang panjang, karena dapat digunakan di semua tempat. Selain itu, ini akan sangat memudahkan saat menggunakan kabel untuk mentransfer file dari komputer ke ponsel dan sebaliknya. Mengingat terkadang letak CPU agak jauh dari monitor.

4. Pastikan Kabel Data Memiliki Garansi

Biasanya, kabel data akan memiliki masa garansi sekitar satu minggu mulai dari hari pembelian. Jika kurang dari seminggu kabelnya rusak atau lambat digunakan untuk mengisi daya ponsel, itulah saat yang tepat untuk mengklaim garansi.
Sebagian besar merek kabel data selalu memberikan jaminan, tetapi untuk memastikan lebih lanjut. Silahkan tanya langsung ke penjualnya.
Beberapa merk kabel yang bisa dijadikan referensi saat membeli, antara lain:

  • tidak diperlukan
  • Mcdodo
  • Aukey
  • Vivin
  • Baseus
  • Wellcomm
  • Anker

Beberapa tips di atas dapat membantu Anda menemukan kabel data yang berkualitas. Terkadang kita tidak bisa mengukur keawetan sebuah kabel dari sebuah merk, tapi kita juga melihatbagaimana kita menggunakannya. Jika kasar digunakan, umur kabel akan pendek atau mudah rusak.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.