Peluang bisnis online menjanjikan keuntungan yang berlebihan, namun percuma jika modalnya besar. Namun, banyak perusahaan online dapat memulai dengan sedikit uang.

Sebelum kita membahas lebih jauh bisnis online dan peluangnya, ada baiknya kita simak dulu pengertian dari online marketing itu sendiri.

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online diartikan sebagai bisnis yang dilakukan secara online atau online (dalam suatu jaringan). Bisa dibilang, bisnis yang dijalankan erat kaitannya dengan fasilitas internet.

Dari sini, jelas modal untuk berbisnis online adalah akses internet. Pemasaran online juga dikenal sebagai menghasilkan uang secara online di internet (make money online)

Peluang Bisnis Online

Apa saja peluangnya?

Hal ini dapat dilihat dari data tahun 2017. Terdapat 132,7 juta orang yang aktif mengakses internet. Dari jumlah itu, sekitar 24,7 juta di antaranya merupakan pelanggan online atau terbiasa menggunakan internet untuk memenuhi kebutuhannya.

Data ini diperkirakan terus meningkat setiap tahunnya. Artinya, peluang bisnis online sedang naik daun. Apalagi modal yang dibutuhkan cukup kecil.

1. Blogger

Blogger kini telah menjadi profesi yang cukup terjangkau dan dapat menghasilkan pendapatan yang layak. Syaratnya, cukup memiliki kemampuan menulis.

Jika Anda memiliki hobi menulis, maka selanjutnya akan lebih mudah untuk menulis konten di website atau blog. Konten yang berkualitas akan banyak dicari orang. Dari sini muncul peluang bisnis online, semakin banyak pengunjung maka penghasilan dari Google AdSense bisa mengalir.

Utamanya jika konten yang ditulis bermanfaat dan dicari banyak orang.

Namun sebenarnya penghasilan blogger tidak hanya dari AdSense tetapi juga bisa dari iklan suatu produk.

Jika blog Anda sudah memiliki pembaca atau pengunjung setia, Anda bisa memasang iklan dari berbagai produk sesuai dengan tema blog Anda.

Sebagai seorang blogger, pendapatan akan ditentukan oleh jumlah pengunjung yang membaca konten di blog.

2. Dropshipper

Peluang bisnis online lainnya adalah menjadi dropshipper. Konsep ini memungkinkan Anda untuk menjual tanpa modal atau bahkan memiliki produk Anda.

Salah satu yang perlu Anda lakukan adalah melakukan promosi melalui media sosial atau website.

Anda mempromosikan produk untuk dijual, tetapi Anda juga memiliki koneksi dengan pemasok.
Ketika pembeli ingin membeli produk Anda, di sini Anda dapat menghubungi pemasok. Nanti produk yang akan dikirim ke pembeli adalah supplier tentunya dengan menggunakan nama Anda.

3. Pemasaran Afiliasi

Affiliate marketing bisa menjadi peluang bisnis online dengan modal kecil. Sistem bisnis ini biasa digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya kepada pembeli.

Biasanya perusahaan akan menggunakan jasa pihak ketiga untuk memasarkan produknya. Perusahaan akan memberikan kompensasi atau pembayaran jika pihak ketiga berhasil menjual produknya.

Sederhananya, Anda akan memasarkan produk orang lain, nantinya Anda mendapatkan komisi ketika menjual produk tersebut. Modalnya tentu saja akses internet yang bisa berupa kuota atau WiFi bulanan.

4. Stok mikro

Jika blogger membutuhkan keterampilan menulis, maka di microstock, Anda harus memiliki keahlian dalam desain grafis.

Yang perlu Anda lakukan adalah mendesain gambar sebanyak mungkin sesuai minat konsumen.

Selanjutnya, unggah gambar ke Microstock. Ketika ada konsumen yang membeli gambar desain Anda, saat itulah Anda akan dibayar.

Kemampuan desain grafis yang Anda miliki memungkinkan untuk mendapatkan passive income yang tentunya sangat menjanjikan.

Keuntungan Bisnis Online

Salah satu kelebihan bisnis online seperti yang telah disebutkan di atas adalah dapat dijalankan dimana saja. Anda dapat menjalankannya kapan saja.

Selain itu, siapapun dari latar belakang apapun juga bisa terjun ke bisnis online ini.

Keunggulan lainnya adalah mampu menjangkau full market karena berjalan di dunia online.

Pengeluaran juga irit saat menjalankan bisnis ini, namun peluang bisnis online ini tentunya menjanjikan keuntungan yang menggiurkan.

Bagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis online dengan modal kecil, penjelasan di atas bisa menjadi inspirasi. Jangan lupa sesuaikan dengan keahlian Anda agar menjalaninya terasa menyenangkan.