Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Content Marketing, Fungsi, Dan Jenisnya

Daftar Isi [Tampil]

Content Marketing adalah istilah baru dalam dunia pemasaran, periklanan, promosi bisnis, dan hubungan masyarakat).

Istilah "Pemasaran Konten" mengacu pada promosi online yang berbeda dari periklanan ( advertising ).

Berikut ulasannyapengertian pemasaran konten,jenis-jenis content marketing, fungsinya, dan perbedaannya dengan advertising. Content Marketing memainkan peran penting dalam keberhasilan bisnis online.

Kiat dan strategi Pemasaran Konten untuk orang-orang PR Saya telah membahas dalam posting tentang Blogging Perusahaan dan Jurnalisme Perusahaan. Kuncinya: maksimalkan situs web dan institusi media sosial untuk promosi dan penjangkauan.

Content Marketing is a new term in the world of marketing Understanding Content Marketing, Functions, and Types

Definisi Pemasaran Konten

Secara bahasa, Content Marketing terdiri dari dua kata,  Content dan  Marketing.

Konten berarti konten. Namun, lebih sering diterjemahkan ke dalam konten, yang berarti “informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik.”

Pemasaran berarti pemasaran atau penjualan. Jadi, secara linguistik, Content Marketing berarti pemasaran konten, tetapi lebih populer dengan terjemahan “Pemasaran Konten”.

Content Marketing merupakan salah satu jenis strategi pemasaran khususnya promosi secara online. Istilah ini erat kaitannya dengan istilah bisnis online, internet marketing, digital marketing, content strategy, content writing, blog, website, social media, dan SEO.

Pengertian praktis, Content Marketing adalah promosi produk atau jasa secara online dengan menghadirkan artikel, gambar, audio, video, infografis, animasi yang bersifat informatif, menarik, dengan tujuan memperkenalkan, mempromosikan, dan mendatangkan pembeli atau klien secara tidak langsung (implisit) .

Menurut kamus Google, Pemasaran Konten adalah jenis pemasaran yang melibatkan pembuatan dan berbagi materi online (seperti video, blog, dan posting media sosial). Itu tidak secara eksplisit mempromosikan merek tetapi dimaksudkan untuk merangsang minat pada produk atau layanannya.

Joe Pulizzi dan Newt Barrett dalam mendapatkan Konten untuk Mendapatkan Pelanggan (McGraw Hill Publication, 2009) mendefinisikan Pemasaran Konten sebagai istilah umum yang mencakup semua format pemasaran yang melibatkan pembuatan atau berbagi konten untuk menarik basis konsumen saat ini dan yang potensial.

Beberapa orang menganggap pemasaran konten sebagai “abad baru pemasaran” (pemasaran zaman baru), tetapi Pemasaran Konten hanyalah “anggur baru dalam botol lama” (anggur baru dalam botol lama).

Yang membedakan Content Marketing dengan cara pemasaran (promosi) yang lama adalah konten atau materi yang berupa materi online seperti video, blog, dan postingan media sosial.

Menurut Institut Pemasaran Konten, pemasaran konten membuat dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mendapatkan audiens dengan tujuan akhir menghasilkan keuntungan untuk bisnis.

Dari Wikipedia, Content marketing adalah strategi pemasaran dengan merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang bertujuan untuk promosi dan penjualan produk atau jasa (services) atau menjangkau konsumen atau klien.

Fungsi Pemasaran Konten

Pemasaran Konten berfungsi:

  1. Menarik perhatian
  2. Memperkenalkan merek produk atau layanan
  3. Memperluas basis pelanggan
  4. Hasilkan atau tingkatkan penjualan online
  5. Meningkatkan kesadaran atau kredibilitas merk
  6. Melibatkan komunitas pengguna online.

Content Marketing is a new term in the world of marketing Understanding Content Marketing, Functions, and Types

Jenis Pemasaran Konten

Jenis Content Marketing mencakup semua jenis konten situs web di internet – teks (teks), gambar, foto, audio, video, animasi, dan infografis.
Jenis Content Marketing yang biasa disebarkan melalui strategi Content Placement adalah artikel atau artikel, yaitu membuat semacam “guest post” di situs web/blog orang lain dengan mencantumkan link.

Berikut adalah jenis-jenis Content Marketing:

  1. Artikel
  2. Ulasan Produk
  3. Infografis
  4. Meme
  5. Animasi
  6. Video
  7. buku elektronik
  8. E-Majalah

Contoh Content Marketing dalam bentuk artikel:

    • Penyedia domain dan hosting membuat tulisan tentang tips ngeblog. Di dalamnya terdapat link yang mengarahkan pembaca ke paket layanan Webhosting yang mereka tawarkan.
    • Acer Indonesia menulis tentang cara merawat baterai laptop yang benar. Di dalamnya disisipkan tentang kualitas baterai pada laptop Acer.
    1. Pada titik ini, akan cukup jelas apa yang dimaksud dengan Content Marketing, fungsinya, dan jenisnya. Tapi harus diingat. Content Marketing berbeda dengan Advertising.

Perbedaan Pemasaran Konten dan Periklanan

Pemasaran konten adalah cara yang lebih efektif bagi bisnis online untuk memasarkan produk atau layanan dibandingkan dengan iklan.
Sebab, Content Marketing adalah informasi yang tidak secara langsung mempromosikan produk, melainkan memberikan manfaat sekaligus beriklan secara eksplisit dan langsung dalam bentuk promosi.
Blue Adz menjelaskan, iklan secara langsung mengandung promosi yang cenderung dihindari orang. Pada saat yang sama, pemasaran konten membuat orang tidak sadar bahwa mereka sedang “dituntun” untuk menjadi pembeli atau pengguna layanan.
“Pemasaran tradisional membuat Anda menyerbu ruang pelanggan pada tanggal dan waktu yang Anda tetapkan – dan Anda tidak memiliki cara untuk mengetahui dengan pasti apakah pesan Anda sampai kepada mereka pada saat mereka menyetujuinya.”
“Dengan pemasaran konten, Anda membuat konten online (blog, halaman web, posting media sosial, whitepaper, dll.) dan membiarkan pelanggan datang kepada Anda.”
Ketika calon pelanggan mencari sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda secara online menggunakan Google, Bing, atau mesin pencari populer lainnya, konten Anda dapat ditempatkan di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk diklik pelanggan. ”
“Hal hebat tentang menggunakan pemasaran konten adalah bahwa pelanggan yang melihatnya biasanya mencarinya. Ini berarti lebih banyak keterlibatan dan lebih sedikit keluhan tentang spam. Ini dapat mendorong ROI gila untuk pemasaran konten masuk.”
Demand Metric memiliki beberapa bukti bahwa pemasaran konten adalah strategi pemasaran yang efektif. Ini dia:



Panduan untuk Marketing Genius: Pemasaran Konten
Didukung oleh Metrik Permintaan

Pemasaran Konten meningkatkan “kesadaran merek”, kedekatan dengan pembeli, membangun loyalitas dan kebanggaan,
Artikel atau blog post (posting blog) adalah jenis konten yang paling sering digunakan dalam pemasaran konten. Kategori Blog “pada website bisnis akan menarik pengunjung baru ke website bisnis Anda.

Kiat Pemasaran Konten

Berikut adalah kiat pemasaran konten terbaik dari WordStream.

  1. Mulai Pemasaran Ulang Konten
  2. Jawab Pertanyaan Kompleks dengan Konten Anda
  3. Terus Asah Keterampilan Menulis Anda
  4. Jangan Salin Blog Perusahaan Lain – Lihat Bintang Indie saja
  5. Pastikan Konten Anda Mencerminkan Suara Merek Anda
  6. Cadangkan argumen Anda dengan data
  7. Gunakan kata kunci spesifik dalam konten Anda
  8. Jadilah Berani dan Ungkapkan Pikiran Anda (Terutama Saat Orang Lain Tidak Berani)
  9. Terima Bahwa Tidak Semua Konten HARUS Menceritakan Kisahnya
  10. Gunakan kembali Judul Terbaik Anda di Iklan PPC
  11. Gunakan kembali Konten Anda
  12. Evaluasi Keberhasilan Konten Anda dengan Data
  13. Hanya Publikasikan Materi Terbaik Anda – dan Konsisten.

Itulah Pengertian Content Marketing, Fungsi, dan Jenisnya. Jangan lupa terapkan Tips SEO dan Aturan Menulis Online saat Anda menulis Content Marketing dalam bentuk tulisan.