Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Membuat Konten Blog Lebih Seo

Daftar Isi [Tampil]

 


Lama tidak menulis, ini adalah artikel pertama saya di bulan Maret 2013, mungkin beberapa teman berpikir “dasar blogger malas”. Tapi, akhir-akhir ini saya tidak bisa menulis karena banyak pekerjaan (offline dan online), jadi penulis lain juga begitu. sibuk dengan urusan mereka. Sesuai dengan judulnya, artikel kali ini membahas tentang cara sederhana agar konten blog lebih SEO.

Banyak blogger yang tidak terlalu peduli dengan SEO (search engine optimization) atau bahkan tidak tahu tentang SEO. Mereka biasanya menulis konten tanpa memperhatikan poin-poin penting dalam konten mereka yang dapat mempengaruhi SERP di Google atau mesin pencari lainnya, mungkin blogger ini, termasuk Anda. Orang yang terbiasa dengan kegiatan SEO biasanya akan menulis konten yang lebih panjang daripada blogger lain yang tidak peduli dengan SEO karena SEO selalu memperhatikan banyak faktor sebelum mempublikasikan kontennya … terkadang mereka sendiri pusing.

Saya tidak mencoba mengajak Anda untuk menjadi ‘blogger SEO’, tetapi hanya berbagi beberapa tips untuk memaksimalkan konten Anda di mesin pencari. Berikut enam cara membuat konten blog lebih SEO:

1. Buat Konten Asli dan Berkualitas

Jika kita berbicara tentang SEO, itu akan terhubung dengan kualitas dan orisinalitas konten. Jika kita membuat blog yang isinya hanyasalin-tempeldari sumber lain, kemungkinan besar blog kita akan mendapatkan penalti. Tidak percaya? Coba salin konten di blog ini, dan posting di blog Anda, lihat hasilnya dalam beberapa bulan – jangan.

Lalu, apa konten aslinya jika topiknya sudah banyak ditulis orang lain. Kita bisa saja menulis topik yang sama dengan topik di blog orang lain, tapi tentu saja kita punya gaya bahasa sendiri, tidak masalah. Lalu apa saja artikel yang berkualitas? Konten blog biasanya berupa artikel, gambar, dan video, atau bisa juga salah satunya. Selama konten Anda memberikan informasi yang bermanfaat dan disukai oleh pembaca, itu dapat dianggap berkualitas. Kita tidak perlu berpikir berlebihan. Soal jumlah kata dalam konten artikel, selama pembaca menyukainya, selesai. Tapi kita harus ingat, ini untuk konten blog bukan microblog seperti Twitter yang hanya menawarkan 140 karakter untuk satu konten, jadi ya jumlah kata bisa lebih (300 – 1000+ kata)

2. Masukkan Gambar / Video yang Relevan

Ibarat taman tanpa bunga, itulah yang terjadi jika artikel di blog tidak ada gambar atau video. Gambar memang bisa mewakili kata-kata, tetapi gambar tanpa kata-kata seperti bernyanyi sendirian di malam yang sepi (maaf sedikit melenceng). Jadi, artikel dan gambar harus selalu bersama dalam konten kita, lebih baik lagi jika ada video terkait. Untuk gambar, jangan lupa untuk memberikan tag ALT (alternatif) pada gambar dengan kata kunci yang sesuai dengan topik artikel. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan gambar dalam hasil pencarian di mesin pencari.

3. Buat Judul Artikel dan Deskripsi Meta

Judul/Judul artikel sangat penting bagi SEO sebuah blog karena merupakan informasi awal tentang isi artikel yang akan dibuat. Buatlah judul yang deskriptif dan dapat mewakili topik materi yang akan dibuat, serta pastikan judul tersebut juga mengandung kata kunci yang esensial. Selain memberikan kata kunci, ada baiknya juga untuk dapat menarik perhatian calon pembaca dari mesin pencari seperti Google. Contoh sederhana, cara 1:Buat Blog di WordPress,bandingkan dengan cara 2:Cara Membuat Blog di WordPress dengan Mudah dan Cepat. Tentu saja judul yang dibuat dengan cara 2 lebih menarik bagi calon pembaca, sehingga kemungkinan orang yang mengklik mesin pencari menjadi lebih besar.

Meta description adalah salah satu cara agar mesin pencari seperti Google dengan cepat mengenali topik artikel yang kita tulis. Jadi pastikan untuk selalu menulis ulang deskripsi artikel Anda setiap kali Anda membuat konten di blog. Biasanya mesin pencari hanya membaca 160 karakter dari cerita, jadi jangan lupa untuk memasukkan topik kata kunci dari artikel yang dibuat dalam 160 karakter.

4. Gunakan Tag Secara Alami

Blogger pemula yang tidak mengerti fungsi tag dan tidak tahu “keganasan” Google akhir-akhir ini, akan memilih untuk memasukkan kata kunci dan tag sebanyak mungkin bahkan memasukkan tag yang tidak perlu ke dalam konten mereka. Kartu pada konten bertujuan untuk menunjukkan topik konten yang dibuat, nah, jika kartu yang dimasukkan jumlahnya banyak akan membuat konten kita tidak fokus dan seperti SPAM. Untuk materi, akan lebih baik jika kita memasukkan maksimal 5 tag yang terkait dengan artikel yang dibuat.

5. Masukkan Kata Kunci yang Wajar

Sama seperti tag, memasukkan kata kunci ke dalam konten sangat penting untuk SEO. Namun perhatikan untuk memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan topik yang dibuat. Masukkan kata kunci secara alami ke dalam konten Anda, mulai dari paragraf pertama hingga paragraf terakhir. Mohon jangan terlalu banyak memasukkan kata kunci dalam materi karena akan dianggap isian kata kunci atau kegiatan SPAM.

6. Membuat Tautan ke Halaman Terkait

Tautan ke halaman terkait – baik internal maupun eksternal – adalah salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan SEO halaman konten. Menautkan ke halaman lain yang kontennya masih terkait berarti konten Anda dilengkapi dengan tautan referensi yang membuat konten Anda lebih lengkap.

6 kiat untuk membuat lebih banyak konten blog SEO di atas adalah cara mudah dan ampuh untuk meningkatkan optimasi konten blog di halaman. Mungkin sebagian orang memiliki model yang berbeda, atau masih ada cara tambahan selain yang disebutkan di atas. Silakan bagikan kiat Anda melalui halaman komentar. Terima kasih.