Saat membuat proyek baru di Android Studio, tentunya Anda akan diminta untuk mengisi beberapa form seperti nama proyek, paket proyek dan lokasi proyek tersebut. Setelah build, otomatis pada tampilan layout akan tertulis nama project yang Anda buat tepatnya di Title Bar masing-masing Activity.

Adanya nama project memang mengganggu dan memang harus dihilangkan agar tampilan Activity menjadi lebih bersih dan tampil fullscreen. Untuk menghapus Title Bar di semua Activity di project aplikasi Android caranya sangat mudah. Ikuti tutorial singkat berikut:

Cara menghapus Aktivitas Bilah Judul Android Studio

  • Buka Android Studio dan pilih proyek yang akan menghapus Aktivitas Bilah Judul.
  • Kemudian buka styles.xml dan ganti kode dengan berikut ini:
  • Kemudian ganti android: theme = “@ style / AppTheme” menjadi android: theme = “@ style / AppTheme.NoActionBar” pada file AndroidManifest.xml.
  • Maka secara otomatis title bar akan hilang dan tampil fullscreen.

Jika Anda hanya ingin menampilkan judul kafetaria dalam aktivitas tertentu, Anda dapat meletakkan android:tema = “@ style / AppTheme.NoActionBar”di bawah aktivitas yang Anda inginkan dan tempatkan di file AndroidManifest.xml. Contohnya dapat dilihat pada kode di bawah ini:


           android:name=".MainActivity">
           
               

android:nama=".Aktivitas Utama"
           android:theme="@style/AppTheme.NoActionBar">
           
               
 

Jadi cukup menambahkan gaya kode pada setiap aktivitas yang dibutuhkan saja, namun jika konsep awal memang terlihat Fullscreen sebaiknya hapus semua title bar di aktivitas Android agar tampilan menjadi lebih bersih. Ingat pada file styles.xml kode sebelumnya diganti dengan kode di atas, karena ketika Anda hanya meletakkan kode tersebut tanpa menghapusnya terlebih dahulu, tentu tidak akan berubah.

Mungkin juga kode ini tidak akan berfungsi di semua versi API, jadi beri tahu versi API Anda di kolom komentar jika ini tidak berhasil dan saya akan memperbarui cara menghapus Bilah Judul di semua Aktivitas di Android Studio.