Berapa Jumlah Pengunjung vs Posisi di SERP Sangat Penting

Blogger Blognyadalam artikel ini mencoba berbagi pemikiran tentang “ ) Jumlah Pengunjung vs Posisi di SERP, “dimana kedua faktor tersebut sama pentingnya dalam mengembangkan sebuah situs atau blog. Kedua hal ini sama sekali tidak terpengaruh oleh dilema domain yang digunakan. Baik itu TLD atau subdomain, keduanya membutuhkan faktor tersebut dalam perkembangannya, baik di mata pengunjung maupun mesin pencari.

Faktorjumlah pengunjung(blog) erat kaitannya dengan jumlah kunjungan (pengunjung blog) yang dapat dicapai dengan periode harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Bagi sebagian blogger, jumlah kunjungan ini menjadi penting ketika tertarik untuk mendapatkan rupiah dari aktivitasnya di dunia blogging. Dengan keberhasilan meraih jumlah kunjungan yang banyak, mereka merasa yakin bahwa blog atau situsnya memiliki tingkat kualitas dan popularitasnya sehingga dapat digunakan oleh pihak ketiga untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.

Terkadang mereka lupa untuk mengamankan hasil yang telah mereka peroleh. Mereka lupa bahwa SERP (lokasi situs atau blog dalam daftar hasil pencarian mesin pencari) adalah untuk mengamankan keberhasilan mencapai jumlah kunjungan yang begitu besar. Jumlah kunjungan yang banyak sama sekali tidak menjamin relevansi halaman postingan dengan query kata kunci yang digunakan pengunjung saat menggunakan bantuan mesin pencari untuk menjelajah internet. Selain itu, bisa juga terjadi bahwa cukup menyedihkan ketika mesin pencari tidak lagi mengindeks hampir 50% halaman posting blog karena tidak relevan dengan hasil pencarian. Apa artinya? Pengunjung yang datang ke situs atau blog hanya mengunjungi 50% halaman postingan blog yang terindeks oleh mesin pencari. Kesimpulannya, keberadaan 50% halaman penerbitan lain tidak berguna atau sama sekali tidak mendukung keberadaan situs atau blog. Idealnya, 100% postingan situs atau blog harus terindeks oleh mesin pencari, untuk mempertahankan keberadaan situs web atau blog dalam waktu yang lama, bahkan cenderung permanen.

Dalam kasus seperti di atas, makaposisi di SERPmenjadi hal yang vital untuk diperhatikan. Hal itu harus selalu diupayakan dengan maksimal. Itulah keuntungan mendapatkan tempat penting dari daftar halaman pencarian blog karena pada dasarnya dapat menjadi alat pengaman bagi tingginya jumlah pengunjung suatu situs atau blog. Posisi sebuah website atau blog di hasil mesin pencari di jamin mendapatkan pengunjung organik, yaitu versi pengunjung terbaik untuk sebuah situs atau blog.

Satu kesimpulan sementara yang penulis dapatkan dalam hal ini adalah: Tingginya jumlah pengunjung situs atau blog tidak menjamin. Posisinya di search engine, sedangkan sebaliknya terjadi di area situs web atau blog. Halaman pertama hasil pencarian mesin pencari sangat berpotensi mendatangkan pengunjung organik dalam jumlah besar jika postingan blog cukup berkualitas dan original.

Berbicara tentang originalitas isi sebuah blog merupakan masalah yang rumit untuk kita capai karena Matt Cuts (Head of Google Spam) sendiri telah menyatakan bahwa 25% – 30% dari isi sebuah situs atau blog tergolong duplikat konten. Apa artinya ?.

Beberapa artikel postingan yang kami buat ini telah ditulis oleh blogger lain atau disalin. Jutaan juga telah bertebaran triliunan situs atau blog dengan topik yang sama atau mirip satu sama lain. Pasti sulit untuk menjamin keaslian konten atau posting blog.

Faktor penting untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog.

1. Aktif melakukan promosi melalui berbagai media.

Terlepas dari baik atau tidaknya kualitas sebuah situs atau postingan blog, namun ketika admin sangat aktif melakukan upaya promosi, keberhasilan meraih pengunjung blog pada akhirnya diraih dalam jumlah yang banyak.

2. Memiliki banyak posting blog

Sudah menjadi hukum alam (sepertinya) bahwa sebuah situs atau blog dengan beberapa halaman postingan di atas 500 lembar akan mampu menjangkau pengunjung blog dalam jumlah yang banyak. Dengan jumlah pengunjung yang banyak, kita tidak perlu memikirkan kualitas postingan blog, perbanyak jumlah posisi. Tentunya Anda akan mendapatkan jumlah pengunjung blog yang relatif banyak karena esensi mendasar dari sebuah situs atau blog adalah konten atau halaman postingan blog itu sendiri.

3. Pengunjungnya ramah.

Ramah pengunjung blog juga berperan penting dalam meningkatkan jumlah pengunjung blog pada level tertentu. Seorang admin blog yang mengabaikan kehadiran pengunjung blognya secara otomatis dan bertahap akan mengurangi jumlah pengunjung secara signifikan. Kemampuan berinteraksi dengan pengunjung blog juga menjadi salah satu senjata terpenting untuk meraih jumlah kunjungan.

Setidaknya dengan memperhatikan ketiga faktor tersebut di atas, kita akan mampu meraih jumlah kunjungan pengunjung yang relatif besar.

Faktor Penting Untuk Mencapai Posisi SERP yang Baik.

1. Memaksimalkan optimasi SEO suatu situs atau blog.

Mencapai posisi SERP yang baik erat kaitannya dengan kemampuan kita untuk berinteraksi dengan mesin pencari. Dalam hal ini, upaya optimasi SEO memainkan peran penting dalam mencapai hasil terbaik dalam interaksi tersebut. Optimasi SEO yang dimaksimalkan akan memudahkan robot search engine crawl untuk menemukan dan menelusuri situs atau blog yang kita bangun dengan cepat.

2. Meningkatkan kualitas konten atau postingan blog.

Konten atau postingan blog yang kita tanamkan minimal harus memiliki tingkat relevansi yang tinggi dengan kata kunci pencarian mesin pencari jika kita tidak mampu menjamin tingkat kualitas atau orisinalitasnya. Jangan terlalu banyak menulis kata kunci yang kita tuju agar mesin tidak bodoh dalam hal ini. Oleh karena itu, bahaslah topik postingan blog secara mendalam dan menyeluruh. Jika perlu, kita dapat menggunakan bantuan visualisasi grafis dan video.

3. Mengumpulkan backlink berkualitas.

Setinggi apapun kualitas atau orisinalitas konten atau blog yang kita bangun, tidak akan berarti apa-apa jika kita tidak bisa mengumpulkan berbagai backlink untuk memperkuat posisi atau eksistensi situs atau blog yang kita miliki. Backlink berkualitas tetap diperlukan untuk memastikan keberhasilan upaya menerobos papan atas hasil mesin pencari. Mendapatkan backlink dari Google secara langsung adalah hal yang paling bijak untuk pertama kalinya.

Kesimpulan:

Jumlah pengunjung yang besar tidak akan pernah bisa mengangkat posisi sebuah situs atau blog di daftar hasil mesin pencari. Sedangkan lokasi bergengsi di SERP berpotensi menjangkau jumlah pengunjung organik yang relatif besar (pada akhirnya).