Pasti ada anggapan bahwa cukup dengan media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram saja kita sudah bisa eksis. Apalagi jika hanya untuk berjualan online. Beberapa media sosial bisa dimanfaatkan untuk mendulang pundi-pundi rupiah. Tetapi apakah ini benar-benar demikian?

Saya ingin menceritakan satu cerita terlebih dahulu. Saya punya teman yang hobi memotret. Ia menjadi fotografer handal dan dikontrak oleh salah satu media besar di Indonesia. Dari sudut mata saya, hasil jepretannya selalu menakjubkan.

Namun dua tahun terakhir, ia memilih menjadi fotografer lepas dan menyentuh pasar yang lebih luas. Pasar internasional. Jadi freelance bukanlah hal yang mudah. Jalan ini sepi dan penuh persaingan. Keterampilan bukan satu-satunya hal yang diperhitungkan. Ada faktor citra yang dipertaruhkan.

Dia mengalami kesulitan, bukan karena kurangnya kualitas. Faktor citra itulah yang menghambat. Beberapa kali ia membuka tawaran ke agensi luar, namun tidak selalu berakhir dengan baik karena ia tidak memiliki tempat untuk memajang etalase karyanya.

Mungkin ada yang bilang, Instagram bisa dijadikan wadah. Benar. Namun mengukur profesionalisme seorang fotografer sangatlah naif bila menggunakan wadah gratisan. Media sosial itu penting tetapi membangun citra membutuhkan sedikit modal.

Beberapa agensi yang dia hubungi meminta tautan situs web pribadi. Mereka ingin melihat beberapa contoh karya yang telah dibuat. Begitu juga dengan hal-hal yang menarik. Sehingga website seharusnya tidak hanya menjadi tempat berkreasi, tetapi juga memperkenalkan identitas kita di internet.

Contoh seperti sobat fotografer ini hanya sebagian kecil untuk melengkapi pertanyaan mengapa setiap orang membutuhkan sebuah situs web. Untuk penjual layanan ini bukan lelucon. Jika tujuannya adalah untuk mencari peluang di internet, maka branding yang baik dimulai dengan situs web yang baik.

Kebiasaan masyarakat saat ini mulai bergeser. Sedikit demi sedikit, banyak orang yang melek literasi digital. Tidak lagi langsung mempercayai dan bertransaksi sesuatu hanya informasi yang didapat di media sosial. Masyarakat kita sudah mulai mengembangkan kebiasaan mengecek website resmi penjual.

Karena akan sangat mudah untuk mengenali siapa penjual yang baik dan buruk hanya dengan melihat rekam jejak digital mereka. Demikian pula untuk mengetahui apakah suatu situs web aman untuk bertransaksi, cukup dengan melihat URL situs web tersebut.

Semua ini adalah satu kesatuan jika kita berbicara tentang peran website untuk bisnis. Tapi bagaimana dengan dirimu sendiri?

Jika semua orang di dunia ini membutuhkan rumah. Bukan hanya untuk berteduh dan tidur di malam hari. Tetapi juga alamat pengiriman mengirim sesuatu. Maka begitu juga setiap orang pasti memiliki alamat di internet. Sebuah website yang fungsi dan tugasnya sama dengan rumah kita di dunia nyata.

Website dapat digunakan untuk showcase misalnya, atau menjadikannya sebagai portfolio produk atau jasa yang kita miliki. Misalnya, Anda seorang pelukis, nah, situs web itu penuh dengan contoh karya. Atau penulis, website yang dibuat akan menampilkan hasil tulisannya. Dan masih banyak lagi jenis produk dan jasa yang setiap orang bisa berbeda-beda.

Melalui situs web yang baik, akan terbuka peluang kerjasama dengan banyak pihak. Saya telah mengalaminya dan merasa bersyukur. Karena hal-hal kecil yang saya taruh di website, itu berdampak besar. Bahkan sekali, saya dikontrak setahun oleh sebuah perusahaan setelah melihat apa yang saya lakukan.

Saya selalu tekankan kepada siapapun, jika ingin membangun portofolio di internet, buatlah terlihat profesional. Salah satu caranya adalah dengan tidak membangun website gratis. Ini penting untuk bisnis apa pun yang dijual. Untuk menunjukkan stabilitas dan kesejahteraan. Tidak peduli pekerjaan bisa di kamar atau toilet sekalipun.

Membuat situs web yang terlihat profesional bukanlah hal yang sulit. Semua hal bisa dipelajari. Bahkan mereka yang tidak mengerti sama sekali tentang coding. Teknologi diciptakan tidak sulit, semua untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia.

Jadi tidak ada salahnya untuk memiliki situs web. Karena itu akan membuat Anda terlihat paling ahli di bidangnya. Bahkan pengusaha akan menunjukkan kredibilitas jika mereka memiliki situs web. Bahkan politisi saat ini membutuhkan situs web untuk dipilih.

Kemudian mulailah membuat halaman pertama Anda di situs web!