Cara Membuat NFT dan Menjualnya Secara Lengkap

Cara Membuat NFT dan Menjualnya - NFT atau Funngible Token adalah aset dalam cryptocurrency yang mewakili berbagai item unik. Tidak hanya berupa benda fisik tetapi juga benda imajiner seperti real estate atau seni digital. Lalu bagaimana cara kerja NFT?

Seperti semua teknologi lainnya, NFT adalah aktivitas yang menyenangkan dan memiliki sertifikat blockchain yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi yang asli dan salinannya.

Pada dasarnya semua bekerja dalam bentuk informasi dalam bentuk blockchain dan memberikan kesempatan kepada kolektor untuk memiliki koleksi digital. Setiap item dapat ditemukan oleh penerbit asli.

Ada dua cryptocurrency NFT yang paling populer: CryptoPunks dan CryptoKitties. NFT memberikan sertifikat kepemilikan objek digital kepada pembeli, menjaga nilai untuk transaksi di masa mendatang.

Seniman ini mampu menjual karya seninya secara digital ke khalayak internasional, tidak hanya dari penjualan besar-besaran, tetapi juga melalui program royalti.

Misalnya, seorang pemain dapat memiliki item dalam game dan bahkan mendapatkan uang dari game tersebut. Jadi seorang seniman bisa mendapatkan keuntungan dari NTF.

Cara Membuat NFT dan Menjualnya

Ada beberapa jenis NFT yang memiliki proses konfigurasinya masing-masing. Jika Anda ingin membuat seni digital Anda sendiri, berikut cara membuatnya dari situs web pemasaran online populer, OpenSea, NFT.

  1. Siapkan dompet digital untuk menyimpan NFT dan uang kripto (crypto).
  2. Untuk melengkapi profil saya, buka OpenSea dan arahkan kursor ke ikon profil di kanan atas.
  3. Konfigurasikan akun OpenSea Anda
  4. Kemudian, klik Masuk dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penyiapan akun Anda.
  5. Setelah berhasil masuk dengan akun OpenSea, sekarang Anda dapat melihat halaman akun Anda
  6. Kemudian arahkan kursor ke kata "Buat" di sebelah kanan
  7. Kemudian pilih "Koleksi Saya".
  8. Kemudian hubungkan dompet digital Anda ke OpenSea.
  9. Buka halaman "Koleksi Saya"
  10. Lakukan pengaturan untuk menjual barang di halaman "Koleksi Saya".
  11. Pilih "Buat" di bagian bawah teks "Buat Koleksi Baru" dan masukkan detail untuk koleksi Anda.
  12. Kemudian tambahkan pekerjaan baru Anda.
  13. Setelah selesai, klik "Tambahkan Item Baru" dan Anda akan diminta untuk mengunggah metadata seperti gambar, video, dan file audio, lalu berikan nama NFT Anda.
  14. Klik "Buat Terakhir", klik "Buat" lagi dan seni digital NFT Anda sekarang siap.
  15. Anda sekarang dapat membuat daftar koleksi seni Anda untuk dijual di OpenSea dengan gambar, video, dan lainnya

Namun, Anda perlu ingat bahwa penjual harus membayar tagihan gas terlebih dahulu. Sebelum Anda mendaftar apa pun untuk sertifikat, biayanya adalah untuk transaksi blockchain Ethereum.

OpenSea sendiri merupakan salah satu marketplace NFT terpopuler di Metavers saat ini. Ada pasar besar lainnya, termasuk Rarible dan SuperRare. Mereka juga memberi artis baru kesempatan untuk menghasilkan uang dari pasar crypto.

Kata Terakhir

Setelah membaca cara kerja NFT di atas, apakah Anda tertarik menjadi artis selanjutnya? Jika Anda belum mencoba, Anda mungkin tidak mengetahui dunia meta ini.