Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi Saat Dicharge dan Faktor Penyebabnya

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi Saat Dicharge dan Faktor Penyebabnya

Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi Saat Dicharge - Sebagian besar pengguna ponsel cerdas sering mengalami pengisian daya dalam waktu lama saat baterai sedang diisi. Bahkan, ada beberapa masalah dengan daya tahan baterai smartphone ini, dari baterai ke baterai, dan dari baterai ke pengisi daya untuk waktu yang lama.

Anda langsung mengira baterai smartphone Anda rusak dan bocor, sehingga akan memakan waktu lama untuk mengisi daya saat di-charge. Tentu ada banyak alasan kenapa smartphone bisa di-charge dalam waktu lama. Bahkan, banyak ahli telah mengevaluasi alasan pengisian baterai lama.

Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi Saat Dicharge dan Faktor Penyebabnya

Berikut beberapa alasan umum mengapa baterai ponsel cerdas Anda dapat bertahan lebih lama saat diisi daya:

1. USB Lala

Salah satu penyebab pengisian daya smartphone Anda membutuhkan waktu yang lama adalah karena USB smartphone Anda lemah. Jika kabel pengisi daya USB atau USB ponsel cerdas Anda longgar, itu sebenarnya akan mematikan catu daya. Anda perlu segera menggantinya, karena akan merusak baterai smartphone Anda jika dibiarkan begitu saja.

2. Masalah kabel USB

Selain USB murni, penyebab paling umum berikutnya adalah kabel USB yang rusak. Ini karena kabel terbakar atau terputus saat pengisian dan Anda tidak menyadari bahwa kabel akan terlalu sering ditarik.

3. Berbagai pengisi merek

Selain ponsel pintar, charger berbagai merek juga merusak arus listrik yang mengalir ke baterai. Hal ini mungkin disebabkan karena kapasitas baterai setiap smartphone berbeda atau port USB pada masing-masing smartphone sama namun tidak semuanya cocok. Ini sering menyebabkan ponsel cerdas Anda mengisi daya untuk jangka waktu yang lebih lama.

4. Kerusakan pada adaptor pengisi daya

Alasan lain mengapa baterai smartphone Anda lebih tahan lama adalah karena charger Anda rusak. Jika Anda merasa baterai telah terisi dalam waktu yang lama, coba isi daya adaptor melalui USB. Ini karena pengisi daya tidak langsung dicolokkan ke terminal listrik setelah digunakan.

Setelah mengetahui penyebab pengisian daya smartphone yang memakan waktu lama, Anda perlu mengetahui cara mencegahnya agar tidak terulang kembali. Ada beberapa cara agar baterai Anda tetap terisi daya untuk waktu yang lama:

Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi Saat Dicharge

1. Gunakan pengisi daya bawaan dari pabrik ponsel cerdas. Ini harus dilakukan agar masalah pengisian baterai lama tidak terjadi.

2. Gunakan charger dengan benar dan sesuai kebutuhan. Sebaiknya isi daya baterai dengan cepat saat ponsel cerdas Anda mati. Terkadang banyak orang yang menyalakan baterai smartphone mereka dan smartphone sedang diputar, yang tentunya membutuhkan waktu lama untuk mengisi ulang.

3. Jika digunakan, pengisi daya harus dikemas dengan benar. Agar bagian kabel tidak terpotong dan rusak.

4. Jika ternyata kabel atau baterai bawaan pabrik rusak, sebaiknya segera ganti dengan yang baru dan beli di toko resmi smartphone Anda, agar hal yang sama tidak terulang kembali.

Simak dulu penyebab HP cepat panas dan boros baterai serta cara mengatasinya

Berikut adalah beberapa fakta dasar tentang stomp pad dan cara menggunakannya. Kami harap Anda merasa berguna.