Cara Membagikan Kata Sandi atau Kata Sandi Wi-Fi Anda di Android– Berbagi kata sandi Wi-Fi dari smartphone Android kini lebih mudah diakses dengan Android versi terbaru, Android 10. Pada versi sebelumnya, ketika seorang teman atau anggota keluarga ingin terhubung ke Wi-Fi di jaringan internet rumah Anda. Anda harus membacakan kata sandi atau kata sandi yang panjang dan sementara. Penerima atau teman Anda mengetiknya di smartphone mereka secara manual. Terkadang mereka masih melakukan kesalahan dalam memasukkan password Wi-Fi karena (password atau password Wi-Fi, seperti semua jenis password yang harus unik dan sulit ditebak).

Dengan pembaruan OS Android 10 ini, pengguna Android dapat membuat kata sandi dalam kode QR hanya dalam beberapa langkah mudah dan membagikannya dengan pengguna Android atau iPhone.

Jika Anda adalah pengguna iOS, Anda dapat membagikan kata sandi atau kata sandi Wi-Fi Anda menggunakan Airdrop untuk membagikan kata sandi Anda dengan perangkat iOS lain. Sementara itu, untuk membagikan kata sandi Wi-Fi Anda dengan Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pembuat Kode QR.

Mengikuti proses ini juga berguna jika Anda ingin melihat kata sandi atau kata sandi jaringan Wi-Fi Anda karena akan muncul di layar yang sama dengan kode QR yang dihasilkan.

Catatan: Bagikan kata sandi Wi-Fi menggunakan metode ini berlaku untuk Android 10 dan smartphone yang lebih baru. Versi Android dan iPhone yang lebih lama dapat menerima kata sandi atau kata sandi Wi-Fi menggunakan petunjuk ini jika perangkat mendukung Wi-Fi Easy Connect standar.

Cara Berbagi Kata Sandi atau Kata Sandi Wi-Fi Menggunakan Kode QR

Untuk berbagi password atau password Wi-Fi di Android 10 tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga, semuanya kini jauh lebih nyaman, Anda bisa melakukannya dari pengaturan ponsel pintar Anda. Proses untuk berbagi sama, apakah Anda membagikannya dengan pengguna Android atau iPhone. Pertama, pastikan smartphone Android Anda terhubung dengan jaringan internet Wi-Fi lalu bagikan passwordnya kepada teman atau kerabat Anda hanya dengan scan QR Code. Begini caranya:

Setelah perangkat terhubung ke jaringan internet, Anda akan menerima pemberitahuan.

  • Pergi kePengaturanatau Pengaturan.
  • MengetukJaringan & internetatau Jaringan & internet.
  • Ketuk nama jaringan Wi-Fi Anda.
  • Ketuk ikon roda gigi pengaturan di sebelah nama Wi-Fi.

  • MengetukMembagikanatau Bagikan.
  • Ponsel pintar Anda akan meminta Anda untuk memverifikasi pengguna apakah Anda menggunakan sidik jari atau membuka kunci kode.
  • Setelah Anda membuka kunci ponsel pintar, itu akan menghasilkan kode QR. Sekarang teman Anda dapat memindai kode QR atau langsung melihat kata sandi atau kata sandi yang juga muncul di bawah kode QR, jika perangkat teman Anda tidak dapat membaca kode QR atau tidak memiliki kamera.

  • Ulangi proses ini untuk menghasilkan kode QR setiap kali Anda perlu membagikan kata sandi Wi-Fi Anda. Jika Anda sering menggunakan fitur ini, ambil tangkapan layar atau tangkapan layar Kode QR dan bagikan ketika teman bertanya, sehingga Anda tidak perlu membuatnya berulang kali.

Cara Bergabung dengan Jaringan Wi-Fi melalui Kode QR

Jika seseorang membagikan kata sandi atau kata sandi Wi-Fi Anda dengan Anda menggunakan proses ini, menghubungkan ke jaringan itu sederhana selama Anda memiliki ponsel pintar Android atau iPhone. Begini caranya:

  • Buka aplikasi Kamera di Android atau iPhone Anda.
  • Posisikan di atas kode QR di layar ponsel lainnya.
  • Setelah kamera membaca kode, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk bergabung dengan jaringan. Ketuk untuk menghubungkan.
  • Jika kamera Anda tidak mengenali kode QR, ketikkan kata sandi atau kata sandi yang ditampilkan di bawahnya.

Dan itulah cara mudah membagikan kata sandi atau kata sandi Wi-Fi di Android 10 dengan fitur kode QR bawaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan memudahkan anda dalam membagikan password wi-fi tanpa perlu mention per karakter.